Akibat Sampah menjadi Banjir

sampah penyebab banjir
Akibat Sampah menjadi Banjir,-Banjir merupakan peristiwa yang menakutkan untuk sebagian dari kita yang tidak siap akan datangnya banjir, setiap dari kita pastinya tidak ingin mengalami terjadinya bencana.

bahkan seandainya jika di bayangkan akan sangat menakutkan bagi diri kita dan orang di sekitar kita. oleh karena itu pentingnya suatu pemahaman terhadap penanggulangan bencana di tingkat rt dan rw, agar selalu sadar dan siap apabila terjadi bencna di lingkungan tempat tinggal kita.

Akibat membuang sampah tidak pada tempatnya mengakibatkan bencana banjir sering terjadi, akibatnya daerah yang tidak memiliki resapan air dan selokan selalu di penuhi tumpukan sampah.

banyak faktor yang menyebabkan bencana banjir terjadi, hal yang paling utama yaitu kurangnya kesadaran membuang sampah pada tempatnya. dan sumbat nya gorong-gorong akibat sampah yang di buang tidak pada tempatnya, hal ini merupakan paling sering terjadi saat terjadinya banjir.

SAMPAH PENYEBAB BANJIR


sampah merupakan sumber yang utama jika terjadi banjir di lingkungan tempat tinggal kita. sumbatan sampah yang ada di gorong-gorong merupakan penghambat laju air bila terjadi hujan dan bahkan gorong-gorong tidak bisa menampung debit air yang ada.

sebagian  dari kita belum mengetahui dampak yang timbul pada saat membuang sampah di sembarang tempat terutama di tempat saluran air.

CARA MENCEGAH BANJIR 


langkah-langkah yang harus dilakukan dalam meminimalkan bencana banjir adalah dengan melakukan pembersihan di setiap gorong-gorong lingkungan tempat tinggal kita, memupukkan kesadaran tidak membuang sampah di sembarang tempat,

melakukan pengecekan di setiap gorong-gorong yang tersumbat dan yang paling penting melakukan gotong royong di lingkungan kita sendiri minimal sebulan sekali.

banjir bisa di minimalisir apabila tidak ada sumbatan di setiap gorong-gorong tempat tinggal kita, sampah rumah tangga dan sampah sisa bahan lainya merupakan hal penting untuk kita tidak membuangnya di sembarang tempat apabila kita tidak ingin terjadi bencana banjir.

sampah plastik sudah tidak bisa di pungkiri telah menjadi sampah yang sering di jumpai di manapun. saat melakukan pembersihan di gorong-gorong sampah plastik banyak di jumpai baik dari  botol kemasan, kantong plasik, dan bahan - bahan rumah tangga lainya.

sampah penyebab banjir

KURANGNYA KESADARAN TIDAK MEMBUANG SAMPAH PADA TEMPAT NYA

kurangnya kesadaran masyarakat dengan tidak membuang sampah  pada tempatnya sudah seperti tidak terkontrol lagi, bahkan kalau kita lihat fasilitas umum seperti terotoar jalan pun sudah menjadi tempat pembuangan sampah yang mana terotoar tersebut bukan di peruntukan untuk tempat pembuangan sampah melainkan tempat untuk pejalan kaki.

Bukti lainya sering kita lihat di pingir jalan saat warga  memasang plang yang bertuliskan "di larang membuang sampah di sini" dan parahnya lagi masih ada yang membuang sampah di bawah tulisan tersebut.

dan sebagai warga Negara yang baik marilah kita memulai dengan membuang sampah pada tempat-tempat yang sudah di tentukan dan jangan menganggap sampah tidak memiliki dampak negatif bagi kita dan lingkungan kita.

Belum ada Komentar untuk "Akibat Sampah menjadi Banjir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel