Bencana non alam dan contoh

contoh bencana alam
Bencana non alam dan contoh - bencana dapat di katagorikan menjadi tiga bagian yaitu bencana alam, bencana non alam, dan bencana sosial.

untuk mengurangi resiko terjadinya bencana maka di perlukan kesadaran masyarakat untuk melakukan pencegahan dan mengurangi resiko bencana yang lebih besar lagi.

Bencana non alam merupakan kejadian atau rangkaian kejadian yang di sebabkan oleh faktor non alam seperti gagal teknologi, epidemi, banjir, wabah penyakit, peperangan dan gagal moderenisasi.

bencana non alam memiliki kejadian yang menimbulkan kerugian bagi korbannya baik dari segi harta benda maupun manusianya itu sendiri.

Baca Juga : Bencana alam, non-alam, dan sosial

Bencana non alam dalam beberapa kasusnya banyak sekali memakan korban jiwa, salah satu contoh kasusnya yaitu penularan wabah penyakit secara besar-besaran.

yang menimbulkan korban jiwa secara global, dan menimbulkan trauma bagi masyarakat secara global. berikut ini adalah contoh bencana non alam yang terjadi :

contoh bencana non alam

 

gagal teknologi

gagal Teknologi adalah kejadian bencana non alam yang diakibatkan oleh kesalahan pengoperasian, kelalaian dan kesengajaan manusia dalam melakukan penggunaan teknologi dalam industri.

dampak dari kegagalan teknologi ini adalah pencemaran udara, air dan tanah, menimbulkan korban jiwa, rusaknya bangunan dan apabila gagalnya teknologi tersebut pada tingkatan besar akan menimbulkan kerusakan lingkungan dan interaksi sosial.

Epidemi

epidemi adalah penyakit baru yang timbul pada suatu wilayah yang menyebar secara global dan menimbulkan penyakit menular bersekala besar,

contoh kasusnya yaitu penyakit malaria, flu burung, flu babi. epidemi dalam kasusnya menyerang manusia hingga menimbulkan penularan yang cukup besar dan secara cepat.

Banjir

banjir yang di akibatkan oleh faktor manusia termasuk dalam bencana non alam, banjir karena faktor manusia yang di maksud adalah banjir yang di akibatkan oleh kebiasaan manusia yang membuang sampah secara sembarangan tidak pada tempatnya

seperti di sungai, laut, saluran air,  hal ini akan menimbulkan banjir karena sampah yang di buang ke sungai maupun laut akan menimbulkan sumbatan pada saluran air yang menuju ke sungai maupun laut tersebut.

Wabah penyakit

wabah penyakit di katakan sebagai bencana non alam dikarenakan suatu penyakit tertentu yang timbul menyebabkan penularan secara cepat dan juga menyebabkan jumlah kematian yang cukup besar.

Peperangan

peperangan yang terjadi di suatu wilayah akan menyebabkan kerugian bagi manusia lain yang tidak ikut melakukan peperangan di wilayah tersebut. akibatnya rusaknya bangunan, hilangnya harta benda hingga hilangnya nyawa, dan yang lebih parah lagi akan menimbulkan trauma bagi mereka yang menjadi korban dalam peperangan tersebut.

cara mitigasi bencana non alam

mitigasi adalah serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana di suatu wilayah rawan bencana yang di lakukan melalui pembangunan fisik, penyadaran, dan meningkatkan kemampuan dari ancaman resiko bencana.

dalam melakukan mitigasi bencana non alam adalah dengan melakukan dan mengurangi segala resiko bencana non alam yang terjadi. demikianlah artikel mengenai bencana non alam dan contoh.

Belum ada Komentar untuk "Bencana non alam dan contoh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel