Jenis Bencana Alam Dan Pengertian Penanggulangan Bencana

pengertian bencana alam dan cara penanggulangan bencana
Jenis bencana alam dan pengertian penanggulangan bencana-Indonesia merupakan Negara yang sering di terpa bencana alam, akibat bencana alam yang terjadi banyak sekali masyarakat yang mengalami penderitaan akibat bencana ini, 

tentunya untuk mengurangi resiko terdampak bencana alam yang lebih luas lagi, masyarakat yang berada di daerah rawan bencana alam dapat memahami cara penyelamatan dini dan membuat jalur evakuasi sebelum terjadi bencana alam, agar supaya korban akibat bencana alam dapat di minimalkan.

PENGERTIAN BENCANA ALAM DAN PENANGGULANGAN BENCANA

Bencana alam adalah rangkaian peristiwa bencana yang di sebabkan oleh faktor alam seperti gunung meletus, banjir, kekeringan, tsunami, angin topan, tanah longsor dan gempa bumi. 

bencana alam yang terjadi selalu megancam dan mengganggu kehidupan masyarakat yang wilahyahnya rawan terkena bencana alam.

sedangkan penanggulangan bencana adalah upaya yang di lakukan untuk mencegah terjadinya resiko timbulnya bencana alam, yang berkegiatan untuk melakukan penceggahan bencana, tanggap darurat bencana dan rehabilitasi bencana.

bencana alam memiliki berbagai macam peristiwa bencana dan penyebabnya, hal yang harus di ketahui dalam melakukan penceggahan bencana alam ialah dengan melihat potensi bencana yang terjadi di lingkungan kita.


agar dalam melakukan penceggahan dapat dengan segera di minimalkan dengan potensi masyarakat yang ada di wilayah rawan bencana.

Baca Juga : Bencana alam, non-alam, dan sosial

JENIS BENCANA ALAM DAN PENYEBABNYA

GEMPA BUMI


  1. Gempa Vulkanik    

    Gempa bumi vulkanik adalah gempa bumi yang disebabkan oleh letusan gunung berapi.   
  2. Gempa Tektonik     

    Gempa tektonik adalah gempa bumi yang terjadi karena pergeseran lapisan kulit bumi, Gempa bumi tektonik memiliki kekuatan yang cukup dahsyat.  
  3.  Gempa runtuhan atau terban    

    Gempa runtuhan atau terban adalah gempa bumi yang disebabkan oleh tanah longsor, gua-gua yang runtuh, dan sejenisnya.

TSUNAMI

Tsunami adalah naiknya permukaan air secara tiba-tiba ke daratan dan gelombang air besar ini diakibatkan oleh gangguan di dasar laut, seperti gempa bumi. Gangguan ini membentuk gelombang yang menyebar ke segala arah dengan kecepatan gelombang mencapai 600–900 km/jam

tsunami kadang menghantam daratan berupa dinding air yang besar, penyebab terjadinya tsunami ialah
 

  • gangguan pada dasar laut yang menyebabkan perpindahan sejumlah besar air.
  • gempa bumi yang mengakibatkan sekitar 80 persen sampai dengan 90 persen dari seluruh tsunami.
  • tanah longsor, baik yang terjadi di bawah laut maupun yang terjadi di daratan tetapi memindahkan material seperti bebatuan ke laut.aktivitas vulkanik, terutama dari gunung berapi yang berada di dekat atau di bawah laut.

BANJIR

Banjir adalah meluapnya air yang berasal dari sungai maupun lautan yang menggenangi daratan yang berada di sekitarnya, banjir terjadi seringkali merendam rumah ataupun bangunan yang dekat dengan sungai ataupun  lautan. beberapa penyebab yang paling sering terjadinya banjir ialah :
  • Diakibatkan jebolnya bendungan atau bencana lain seperti gempa bumi dan letusan gunung berapi. 
  • Kerusakan tak sengaja dan Pengelolaan tata ruang yang salah. 
  • Terjadi melalui penumpukan endapan di tanah pertanian. 
  • Banjir dapat terjadi ketika air meluap di permukaan karena hujan yang deras dan lama

KEKERINGAN

kekeringan adalah situasi suatu wilayah yang mengalami kekurangan pasokan air untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat di wilayah tersebut, biasanya kekeringan terjadi karena curah hujan yang tidak lama, dan musim kemarau yang berpanjangan.

namun bencana kekeringan ini jika terjadi secara terus menerus akan menimbulkan dampak ekonomi dan kerusakan di wilayah yang mengalami kekeringan ini. penyebab terjadinya kekeringan ialah
  • karena di wilayah yang mengalami kekeringan tidak mengalami hujan secara cukup.
  • menggunakan air secara berlebihan.
  • Vegetasi yang gundul pasti akan berkurang, karena fungsi akar sendiri menyerap dan menyimpan air dari hujan.
  • sumber mata air sungai dan lainnya yang mengering maka tidak dapat memenuhi kebutuhan air manusia.

ANGIN TOPAN

Angin Topan merupakan angin yang mengguncang permukaan daratan maupun lautan dengan kecepatan 120 km/jam atau lebih. dimana ketika di daratan akan sangat berbahaya karena dapat menimbulkan banyak sekali korban jiwa. 

Selain merenggut korban jiwa, keberadaan angin topan juga menimbulkan banyak kerugian lainnya, penyebab terjadinya angin topan ialah
  • Angin topan terjadi karena udara yang tidak biasa, sehingga membentuk sebuah pusaran dalam sistem cuaca.
  • Lebih pastinya, angin topan terjadi karena ketika siang hari suhu udara menjadi sangat panas Angin topan biasa terjadi di wilayah yang panas
  • Samudera yang dekat dengan garis khatulistiwa seperti samudera pasifik dan laut atlantik.

TANAH LONGSOR

Tanah longsor adalah suatu peristiwa alam yang terjadi karena bergesernya tanah dari atas ke bawah faktor penyebab longsor di sebabkan pendorong dan pemicu. Meskipun penyebab utama kejadian ini adalah gravitasi yang memengaruhi suatu lereng yang curam, penyebab terjadinya tanah longsor ialah
 

  • akibat gelombang sungai maupun laut yang mengikis kaki lereng yang bercuram dan tinggi
  • hujan yang lebat sehingga membuat lereng yang tinggi menjadi lemah dan terjadi longsor
  • getaran yang di akibatkan gempa bumi sehingga melemahkan masa yang mengakibatkan longsor
  • banyaknya aktivitas di atas lereng seperti geteran mesin, lalu lintas kendaraan, penebangan pohon secara ilegal, dan petir

Demikianlah artikel mengenai jenis bencana alam dan pengertian penanggulangan bencana

Belum ada Komentar untuk "Jenis Bencana Alam Dan Pengertian Penanggulangan Bencana "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel