20 pengertian istilah tentang bencana

Istilah bencana
20 pengertian istilah tentang bencana - bencana atau kebencanaan memiliki istilah-istilah dalam penyampaian penyebutan yang sederhana namun mungkin sulit untuk di pahami.

dalam penyampaian yang sederhana ini banyak sekali masyarakat yang belum mengetahui tentang pengertian istilah yang di pakai saat mendengar atau membaca berita mengenai bencana.

agar kita bisa memahami penyampaian tentang kebencanaan dari media maupun organisasi kebencanaan tentang informasi yang ada di dalamnya,

maka saya akan menuliskan mengenai istilah-istilah apa saja yang mungkin anda tidak tahu saat anda mendengarkan atau membaca berita mengenai bencana, berikut inilah pengertian dan istilah kebencanaan :

pengertian dari istilah kebencanaan

1. mitigasi bencana

mitigasi bencana adalah suatu kegiatan maupun serangkaian kegiatan dalam upaya mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik, penyadaran masyarakat, maupun kemampuan masyarakat dalam menghadapi bencana.

2. penanggulangan bencana

penanggulangan bencana merupakan suatu upaya kegiatan yang meliputi penetapan suatu kebijakan pembangunan. agar supaya tidak menimbulkan risiko bencana, kegiatan pencegahan bencana, tanggap darurat bencana, dan rehabilitasi akibat bencana.

3. ancaman bencana

ancaman bencana adalah suatu kejadian atau peristiwa yang bisa menimbulkan bencana di daerah rawan bencana.

4. rawan bencana

rawan bencana merupakan kondisi rentan bencana, sosial, budaya, politik, ekonomi, dan teknologi pada suatu wilayah untuk jangka waktu tertentu.

5. bencana

bencana merupakan sebuah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat.

6. bencana alam

bencana alam adalah situasi bencana yang diakibatkan oleh serangkaian peristiwa yang di akibatkan oleh alam antara lain berupa gempa bumi, kekeringan, banjir, angin topan, tanah longsor, gunung meletus, dan tsunami

7. bencana non alam

bencana non alam adalah kejadian atau rangkaian kejadian yang di sebabkan oleh faktor non alam seperti gagal teknologi, epidemi, banjir, wabah penyakit, peperangan dan gagal moderenisasi.

8 bencana sosial

bencana sosial adalah serangkaian peristiwa bencana yang di sebabkan oleh faktor manusia seperti perkelahian antar kelompok, perkelahian antar masyarakat, dan teror.

9. kesiapsiagaan

kesiapsiagaan merupakan suatu rangkaian kegiatan yang di lakukan dalam mengantisipasi bencana melalui pengorganisasian, juga melalui langkah yang tepat guna dan berdaya guna.

10. pencegahan bencana

pencegahan bencana merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menghilangkan atau mengurangi risiko bencana, melalui kegiatan pengurangan ancaman bencana.

11. risiko bencana

risiko bencana adalah potensi kerugian yang di timbulkan akibat bencana di suatu wilayah yang sewaktu-waktu  akan megakibatkan korban jiwa, luka, sakit, jiwa terancam, kehilangan harta benda, hilangnya rasa aman, mengungsi, dangangguan kegiatan masyarakat.

12. perlindungan sosial

perlindungan sosial adalah segala upaya yang di arahkan untuk mencegah dan menangani risiko dari guncangan dan kerentanan sosial akibat bencana.

13. layanan dukungan psikososial (LDP)

layanan dukungan psikososial adalah kegiatan dalam upaya memulihkan dan membangun kembali kehidupan fisik, mental dan sosial para korban bencana alam dalam rangka mengembalikan keberfungsian sosialnya.

14. penyintas

penyintas adalah sebutan untuk orang yang mampu bertahan hidup dalam kondisi yang tidak diinginkan dalam jangka waktu tertentu.

15. tanggap darurat bencana

tanggap darurat bencana adalah keadaan ketika ancaman bencana terjadi dan telah mengganggu kehidupan dan penghidupan sekelompok orang/masyarakat.

16. tenda pengungsi bencana

tenda penguungsi bencana adalah tempat berlindung sementara korban bencana di suatu tempat yang aman dari bencana, agar terhindar dari bencana sususlan. maupun bencana yang lebih besar lagi.

17. masa tanggap darurat bencana

masa tanggap darurat bencana adalah jangka waktu tertentu yang di tetapkan oleh pemerintah pusat, ataupun daerah.

18. pendampingan psikososial

pendampingan psikososial adalah kegiatan pelayanan dalam rangka memulihkan situasi kondisi, pikiran korban yang tidak berdaya, tertekan, takut, mengalami stres, sock, depresi yang dia akibatkan bencana.

19. kampung siaga bencana (KSB)

kampung siaga bencana adalah wadah penanggulangan bencana berbasis masyarakat yang di jadikan kawasan atau tempat program penanggulangan bencana.

20. pendampingan sosial mitigas bencana

pendampingan sosial mitigasi bencana adalah proses yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam kehidupan yang sulit di daerah rawan bencana, agar mereka tetap dapat melaksanakan keberfungsian sosial. seperti mampu mampu mengatasi permasalahan yang di hadapi dengan kondisi daerah rawan bencana.

demikianlah artikel mengenai 20 pengertian istilah tentang kebencanaan, semoga artikel ini bermanfaat dalam anda memahami informasi tentang kebencanaan,

Belum ada Komentar untuk "20 pengertian istilah tentang bencana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel