5 bencana alam terbesar di dunia

bencana alam
5 bencana alam terbesar di dunia - bencana alam merupakan kejadian yang sangat luar biasa, akibat dari bencana alam yang terjadi membuat Negara yang wilayahnya terkena bencana alam

menjadi kehilangan sumber kehidupan, pendapatan ekonomi, dan tak jarang juga bencana alam sering sekali memakan korban jiwa cukup banyak.

bencana alam terjadi disebabkan oleh faktor alam seperti angin topan, tsunami, gempa bumi, tanah longsor, kekeringan, gunung meletus dan banjir.

dari banyaknya faktor penyebab bencana alam yang terjadi, maka sebaiknya kita yang berada di daerah yang rawan berpotensi bencana alam harus lebih waspada lagi dalam menghadapi datangnya bencana alam.

jika melihat dari sejarah bencana alam yang pernah terjadi di belahan dunia, maka kita harus belajar untuk lebih siap lagi dalam menghadapi potensi bahaya bencana alam apabila sewaktu-waktu datang secara tiba-tiba.

untuk itu, agar kita selalu waspada dan mengingat sejarah bencana alam yang pernah terjadi di dunia, berikut inilah bencana alam terbesar yang terjadi di dunia pada masanya :

5 bencana alam

1. gempa dan tsunami Tohoku 2011

pada tahun 2011 lalau gempa bumi berkekuatan 9 skala richter terjadi di tohoku jepang, gempa bumi ini mengakibatkan munculnya tsunami dengan tinggi mencapai 10 meter. akibat dari gempa dan tsunami ini kurang lebih sekitar 15.000 korban jiwa, 5000 luka-luka, dan 8000 orang hilang.

2. banjir sungai kuning 1887

membahayakan masyarakat cina. akibatnya hampiir dua juta orang meninggal dunia, sementara dua juta penduduk yang selamat menjadi kelaparan dan rendan terkena penyakit. bencana ini di sebut-sebut menjadi bencana terbesar sekaligus berbahaya yang ada di cina.

3. kekeringan India 2015

tercatat bencana alam kekeringan yang di akibatkan kemarau panjang ini menewaskan kurang lebih dua ribu korban jiwa warga india yang mengalami bencana kekeringan ini, akibatnya bencana ini menjadi bencana kekeringan terparah di muka bumi karena suhu derajat di mumbai pada waktu itu mencapai 50 derajat celsius.

4. longsor haiyuan 1920

longsor yang terjadi di picu oleh gempa bumi ini terjadi di tiongkok pada tahun 1920, setidaknya kurang lebih seratus ribu orang yang menjadi korban akibat longsor ini. gempa bumi yang terjadi berkekuatan 7,8 SR.

5. gunung meletus tambora 1815

gunung berapi aktif tambora yang terletak di wilayah Indonesia tepatnya di nusa tenggara berat ini pernah meletus pada tahun 1815, akibatnya tujuh puluh satu ribu orang yang menjadi korban, gagal panen, kematian hewan ternak, dan kelaparan terburuk.

jika melihat sejarah bencana alam yang pernah terjadi di beberapa negara maka sebaiknya negara-negara yang berpotensi terkena bencana alam melakukan kewaspadaan dan mitigasi bencana alam, agar korban jiwa akibat bencana alam tidak banyak memakan korban, Demikianlah artikel tentang 5 bencana alam terbesar yang pernah terjadi di dunia.

Belum ada Komentar untuk "5 bencana alam terbesar di dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel