Faktor Terjadi Banjir

banjir, faktor banjir
faktor terjadi  banjir - banjir adalah meluapnya air yang berasal dari sungai maupun lautan yang menggenangi wilayah daratan yang berada di sekitarnya, banyak faktor penyebab terjadinya banjir. di Indonesia sendiri faktor banjir terjadi setiap kali memasuki musim hujan,

tak heran di beberapa wilayah Indonesia yang lingkungannya dekat dengan sungai maupun lautan pasti terjadi banjir, dikarenakan sungai tidak mampu menampung debit air yang cukup banyak dan air laut terjadi pasang.

selain itu banjir terjadi dikarenakan faktor alam dan manusia, banjir faktor alam terjadi karena hujan yang sangat lama dan faktor laut pasang. sedangkan faktor manusia terjadi karena kesengajaan dan tidak kesengajaan yang mengakibatkan banjir.

pastinya setiap wilayah yang terkena banjir memiliki faktor dan penyebab yang berbeda-beda. supaya kita bisa meminimalkan banjir tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu faktor penyebab terjadinya banjir di lingkungan kita.

Faktor penyebab terjadinya banjir

  1. curah hujan tinggi

    faktor curah hujan tinggi menyebabkan banjir di wilayah yang dekat dengan sungai maupun lautan, banjir di karenakan hujan yang turun cukup lama hingga berjam-jam. banjir ini bisanya akan surut jika sungai dan lautan surut kembali.
  2. penebangan pohon

    faktor penebangan pohon secara besar-besaran di wilayah yang memiliki curah hujan cukup tinggi akan menyebabkan terjadi banjir, dikarenakan pohon atau akar pohon berfungsi untuk menyerap air ke dalam tanah.
  3. sembarangan membuang sampah

    faktor ini merupakan faktor yang klasik terjadinya banjir, seperti yang kita ketahui sampah yang di buang tidak pada tempatnya seperti sungai, laut, selokan, dan bukan pada tempatnya merupakan faktor terjadinya banjir karena sumbatan akibat sampah tersebut.
  4. rumah terlalu rendah

    faktor ini di karenkan rumah lebih rendah dengan jalan maupun saluran air, sehingga rumah menjadi kebanjiran saat hujan. sebaiknya sebelum membangun rumah, anda harus memperhatikan ketinggian rumah terlebih dahulu sebelum membangun.
  5. jebolnya bendungan

    bendungan berfungsi untuk menahan laju air menjadi sungai, jika bendungan rusak maka yang terjadi adalah banjir. oleh karena itu selalu memperhatikan bendungan di lingkungan tempat tinggal anda, jika tidak ingin terjadi banjir.
  6. salah kelola tata ruang

    salahnya sistem kelola tata ruang bisa mengakibatkan banjir, karena buruknya penataan kota yang tidak melihat akibat dari pembangunan yang tidak memikirkan lingkungan. kerena itu perlu di lakukan tata ruang kota yang berprinsip pada lingkungan.

Nah, dari faktor penyebab terjadinya banjir yang sudah anda baca, faktor mana saja yang menyebabkan lingkungan anda terjadi banjir. kalau anda sudah mengetahui faktor mana saja yang menyebabkan terjadinya banjir maka langkah selanjutnya

yang harus di lakukan adalah melakukan perencanaan pembangunan di lingkungan tempat tinggal anda, dengan bergotong royong bersama warga dan pemerintah daerah melakukan upaya perencanaan pembangunan mengatasi bencana banjir agar tidak meluap hingga ke lingkungan anda.

jika anda belum bisa melakukan perencanaan pembangunan untuk mengatasi bencana banjir, maka langkah yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan mitigasi bencana banjir pada saat sebelum banjir, saat banjir, dan setelah banjir datang.

demikianlah artikel mengenai faktor terjadi banjir, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang sedang mencari faktor terjadi banjir, saya ucapkan terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Faktor Terjadi Banjir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel