Gempa Bumi Dan Mitigasi

gempa bumi adalah

gempa bumi dan mitigasi - gempa bumi merupakan guncangan yang terjadi akibat energi yang lepas dari bawah permukaan bumi secara tiba-tiba yang di sebabkan karena adanya gangguan di dalam kerak bumi.

menurut penyebab terjadinya gempa bumi di bedakan menjadi tiga jenis yaitu gempa bumi tektonik, gempa bumi vulkanik, dan gempa bumi runtuhan/teban.

Berikut jenis-jenis gempa bumi

  • gempa bumi vulkanik

gempa bumi vulakanik adalah gempa bumi yang di sebabkan oleh aktivias magma sebelum gunung api meletus, jika keaktifannya sangat tinggi maka akan menyebabkan terjadinya gempa bumi.
  • gempa bumi tektonik 

gempa bumi tektonik terjadi disebabkan adanya aktivitas tektonik berupa pergeseran lempeng tektonik secara mendadak, jika terjadi gempa bumi ini menimbulkan kerusakan dan getaran gempa bumi yang menjalar hingga keseluruh bumi.
  • gempa bumi runtuhan/teban 

gempa bumi runtuhan/teban merupakan gempa bumi lokal yang di sebabkan oleh aktivitas masyarakat pertambangan, namun gempa runtuhan ini bisa juga terjadi di sebabkan oleh tanah longsor dan runtuhnya gua-gua.

mitigasi gempa bumi

sebelum terjadi gempa bumi

  1. mengenal terlebih dahulu apa itu gempa bumi sebaiknya bangunan rumah anda harus kokoh dari ancaman gempa bumi, dan mengamati lingkungan disekitar rumah anda, apakah struktur bangunan rumah anda aman dari gempa bumi dan tanah longsor.
  2. selalu memperhatikan setiap sudut gedung yang anda datangi. perhatikan setiap akses pintu keluar dan pintu darurat jika anda berada di dalam gedung tersebut. karena jika gempa bumi terjadi secara tiba-tiba anda akan segera mengetahui pintu keluar.
  3. selalu memperhatikan perabotan yang ada di dalam rumah, selalu periksa perabotan rumah anda yang di gantung dan anda simpan di atas lemari agar terhindar dari jatuh dan roboh. jangan menyimpan benda yang berat di atas bangunan rumah anda.
  4. siapakan tas siaga bencana di rumah anda dengan mengisi dokumen berharga, uang, senter, air mineral, dan benda-benda yang bisa di bawa untuk anda mengungsi ke tempat yang aman. selanjutnya jangan lupa matikan arus listrik rumah anda saat anda pergi mengungsi.

saat terjadi gempa bumi

  1. jika anda berada di dalam ruangan segera lari menuju pintu evakuasi dan jika tidak bisa keluar maka lindungi diri anda dari reruntuhan dengan bersembunyi di bawah meja kayu dengan selalu berdoa.
  2. jika anda berada di luar bangunan maka anda harus memperhatikan di sekeliling anda, hindari pepohonan, tiang, papan reklame gedung atau bangunan. dan perhatikan juga tanah yang anda pijak hindari jika tanah mulai retak.
  3. jika anda sedang mengendarai kendaraan segara turun dan berlari mencari tempat perlindungan, hindari seperti poin nomor dua tadi.
  4. jika anda berada di pantai segera menjahui pantai agar terhindar dari potensi tsunami, dan juka anda di pergunungan hindari tanah dengan kemiringan curam agar tidak terkena longsor akibat gempa bumi.

setelah terjadi gempa bumi

  1. jangan panik dan segera keluar dari bangunan tersebut dengan menggunakan tangga, periksa diri anda apakah terkena luka, segera minta pertolongan.
  2. jangan memasuki bangunan yang terkena gempa karena mungkin masih terdapat reruntuhan, segera cari tempat aman agar terhindar dari gempa susulan yang mungkin akan terjadi.
  3. selalu mendengarkan informasi dan jangan terpancing berita bohong mengenai gempa bumi.
Demikianlah artikel tentang gempa bumi dan mitigasi, saya ucapkan terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Gempa Bumi Dan Mitigasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel