Jenis kelas kebakaran dan metode pemadaman

Kelas kebakaran ABCD
Jenis kelas kebakaran dan metode pemadaman - sepertinya bukan hanya sekolah saja yang memiliki penyebutan kelas-kelas dalam membedakan kelompok belajar siswa, namun kebakaran juga memiliki penyebutan kelas-kelas kebakaran dalam membedakan kelompok dari jenis sumber benda yang terbakar,

kelas kebakaran di bedakan agar saat menggunakan apar atau menempatkan apar di suatu ruangan, apar bisa digunakan sesuai dengan jenis benda yang terbakar.

dalam mencegah kebakaran agar tidak membesar di perlukan apar yang benar untuk memadamkan api atau menggunakan media alat pemadaman api secara tradisional lainya.

seperti karung goni, kain basah, pasir  untuk memadamkan api. namun cara tradisional ini digunakan hanya untuk jenis kelas kebakaran tertentu saja.

Baca Juga : 5 jenis tabung apar

alat pemadam api ringan atau yang di singkat apar jika kita lihat secara dekat memiliki kode yang menunjukan huruf A,B,C dan D. kode ini  di maksudkan agar saat melakuakan pemadaman di benda yang sedang terbakar,

agar bisa diaplikasikan sesuai dengan tipe kelas kebakaran. agar kita tidak binggung dalam membedakan kelas kebakaran berikut ini adalah contoh kelas kebakaran dan cara metode pemadamnya :

Jenis kelas kebakaran

kebakaran kelas A

kebakaran kelas A adalah kebakaran yang di sebabkan oleh benda padat seperti kayu, kertas, karet, plastik, kain.
(metode pemadamannya menggunakan cara pendinginan menggunakan air dan busa kelas A)

kebakaran kelas B

kebakaran kelas B adalah kebakaran yang di sebabkan oleh benda cair seperti minyak, bensin, solar, oli, gas.
(metode pemadamannya menggunakan penghambatan proses reaksi rantai kimia, pelapisan atau penutupan, pemindahan bahan bakar, dan penurunan temperatur)

kebakaran kelas C

kebakaran kelas C adalah kebakaran yang di sebabkan oleh konsleting arus listrik sehingga membuat elektronik mudah terbakar.
(metode pemadamannya menggunakan pemutusan arus listrik, gunakan media pemadaman non konduksi, setelah itu bisa dipadamkan mengunakan media kelas A maupun B)

kebakaran kelas D

kebakaran kelas D adalah kebakaran yang di sebabkan oleh bahan bakar logam seperti titanium, zirconium, kalsium, zinc, magnesium.
(cara metode pemadamannya  menggunakan penyelimutan atau pelapisan dengan bahan pemadam khusus yaitu tepung kimia kelas D)

nah, itulah kelas-kelas kebakaran dan metode pemadamanya yang mesti di ingat agar saat memadamkan api menggunakan apar bisa difungsikan sesuai dengan kelas kebakarannya.

penting sekali dalam kita menggunakan apar sesuai kelas kebakarannya, agar tidak salah dalam memadamkan api sebagai contoh saat kita memadamkan api menggunakan apar kelas A lalu kita gunakan ke jenis kebakaran kelas C

maka yang terjadi api tidak padam karena isi dalam tabung apar kelas A berisi busa dan tidak bisa di gunakan untuk kebakaran jenis kelas C yang mana sumber kebakarannya bersumber dari arus listrik.

demikianlah artikel mengenai jenis kelas kebakaran dan metode pemadaman semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang telah membaca, saya ucapkan terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Jenis kelas kebakaran dan metode pemadaman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel