mitigasi dan tindakan dalam menghadapi banjir

siaga banjir, mitigasi banjir, banjir
mitigasi dan tindakan dalam menghadapi banjir - mitigasi adalah serangkaian kegiatan dalam upaya mengurangi suatu resiko bencana, kegiatannya bersifat pembangunan fisik, penyadaran dan peningkatan kemampuan untuk menghadapi ancaman bencana.

sedangkan, banjir adalah tergenangnya suatu wilayah yang di akibatkan oleh luapan air. biasanya di sebabkan oleh hujan deras dalam waktu cukup lama sehingga meluapnya air dari dalam sungai dan laut.

agar kesiapsiagaan bencana dapat di terapkan di tengah-tengah masyarakat, yang wilayahnya mengalami bencana banjir. maka perlu di lakukan cara pengurangan risiko bencana dengan melakukan mitigasi bencana banjir.

dengan menerapkan mitigasi di wilayah rentan terkena bencana banjir perlu di lakukan, agar jumlah korban bencana ini dapat di kecilkan. langkah yang harus di lakukan dalam penerapan mitigasi bencana banjir adalah pada saat sebelum terjadi banjir dan sesudah terjadi banjir.

dalam menghadapi bencana banjir perlu di lakukan tindakan-tindakan secara bersama-sama agar korban bencana saat banjir dapat di minimalkan, yaitu dengan melakukan tindakan pada saat sebelum terjadi bencana, saat bencana, dan saat setelah terjadi bencana.

Tindakan Sebelum Banjir, Saat Banjir, Dan Sesudah Banjir

sebelum terjadi banjir

  1. membentuk relawan siaga banjir di setiap lingkungan RT dan RW yang rawan terkena  banjir, fungsi membentuk tim relawan ini ialah untuk memberikan informasi kepada warga, memetakan lokasi banjir dan membantu warga saat melakukan evakuasi dini.
  2. bersama warga melakukan gotong royong membersihkan lingkungan, seperti membersihkan gorong-gorong, membersihkan sampah dari sungai, melakukan penghijauan lingkungan.
  3. menentukan wilayah untuk di jadikan posko pengungsian jika sewaktu-waktu terjadi banjir, agar saat banjir datang warga sudah mengetahui harus kemana warga melakukan evakuasi.
  4. siapkan tas siaga bencana dengan mengisi perlengkapan untuk mengungsi, seperti dokumen berharga, obat-obatan, pakaian ganti, senter, makanan mudah saji, dan kebutuhan lainnya.
  5. perangkat RT dan RW mempersiapkan peralatan menghadapi banjir dengan menyiapkan tali tambang, pelampung, perahu karet, alat komunikasi tim relawan banjir. agar lebih siap menghadapi banjir.
  6. buatlah semacam peraturan di lingkungan tempat tinggal, misalnya peraturan tentang tidak membuang sampah sembarang di lingkungan tempat tinggal, menebang pohon secara ilegal, bersama warga membersihkan lingkungan setiap hari libur.

saat banjir

  1. hal pertama yang kamu harus lakukan adalah matikan aliran listrik rumah
  2. segera mengungsi ke titik lokasi yang sudah di tentukan atau ke lokasi yang lebih tinggi
  3. bawa tas siaga bencana dengan perlengkapan pengungsi, dan
  4. jangan lupa amankan barang yang tidak bisa di bawa ke tempat yang lebih tinggi.
  5. jika anda keluar rumah dan banjir sudah melebihi mata kaki sebaiknya berjalan dengan tongkat untuk menghindari terjatuh.
  6. jika air semakin tinggi segera hubungi instansi kebencanaan.

setelah banjir

  1. membersihkan rumah dari kotoran akibat banjir dengan menggunakan air bersih (jangan air banjir).
  2. membuat pemetaan lokasi banjir.
  3. bersiaga dengan waspada bencana susulan.
  4. bersama-sama tim relawan siaga bencana setempat, untuk melakukan pembersihan lingkungan.
  5. berkoordinasi kepada pemerintah daerah untuk melakukan perencanaan penanggulangan bencana banjir.

demikianlah artikel mengenai mitigasi dan tindakan dalam menghadapi banjir, semoga artikel ini membantu anda dalam mencari informasi tentang siaga bencana banjir, saya ucapkan terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "mitigasi dan tindakan dalam menghadapi banjir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel